Ulasan dari SehatQ.com Mengenai Efek Samping Vaksin Covid-19

Efek samping vaksin Covid-19 kini menjadi hal yang sering dibicarakan di tengah masyarakat dan juga dibahas di SehatQ.com saat vaksinasi Covid-19 mulai gencar dilakukan. Hal tersebut merupakan bentuk kekhawatiran warga tentang munculnya efek samping yang serius usai menerima vaksin Covid-19.

Kekhawatiran atau ketakutan tersebut sudah menjadi hal yang wajar karena itu merupakan bentuk kepedulian masyarakat terhadap kesehatannya. Namun akan lebih baik jika perasaan khawatir atau takut tidak muncul secara berlebihan. 

Perlu diketahui bahwa berbagai jenis vaksin yang digunakan saat ini diciptakan untuk menyembuhkan maupun menghindarkan masyarakat dari Covid-19. Bukan untuk menimbulkan penyakit. 

Oleh karena itu, Anda tidak perlu merasa khawatir atau takut berlebihan. Vaksin-vaksin tersebut sudah teruji secara klinis sehingga aman untuk digunakan.

Vaksin Covid-19 yang Digunakan di Indonesia
Vaksin Sinovac dan vaksin AstraZeneca sudah menjadi vaksin yang familiar di kalangan masyarakat sebagai vaksin yang digunakan di Indonesia. Namun sebenarnya Indonesia juga menggunakan beberapa vaksin Covid-19 lainnya untuk mendukung proses vaksinasi untuk masyarakat. 

Vaksin-vaksin tersebut terdiri dari, vaksin merah putih buatan PT Bio Farma, AstraZeneca, Sinovac, Sinopharm, Moderna, Novavax dan Vaksin Pfizer-BioNTech. 

Meskipun vaksin yang tersedia untuk Indonesia sudah cukup banyak, Anda tidak boleh memilih jenis vaksin yang ingin Anda gunakan. Hal tersebut dikarenakan persediaan vaksin masih terbatas.

Berbagai Jenis Efek Samping  dari Penggunaan Vaksin Covid-19
Hingga saat ini, efek samping yang dirasakan setelah proses vaksinasi umumnya adalah efek samping yang tergolong ringan. Efek samping yang timbul akan sembuh dengan sendirinya dan tidak akan berubah menjadi penyakit serius. 

Belum ada laporan tentang masyarakat yang mengalami efek samping berat setelah proses vaksinasi.Efek yang paling sering dirasakan setelah menerima vaksin Covid adalah demam dan mengantuk. Namun masih terdapat beberapa efek samping lain yang kemungkinan bisa saja terjadi usai proses vaksinasi. Berikut ini adalah efek samping dari penggunaan vaksin Covid-19:
- Demam
- Badan terasa lelah
- Nyeri otot atau sendi
- Tidak enak badan
- Sakit kepala
- Mengantuk
- Mual
- Muntah
- Menggigil
- Diare
- Area tubuh tempat vaksinasi menjadi kemerahan dan terasa nyeri
- Kulit terasa gatal
- Nafsu makan berkurang

Itulah beberapa efek samping yang dapat muncul setelah Anda menerima vaksin Covid-19. Rentetan efek samping ini tidak akan menyerang tubuh Anda seluruhnya. Daftar ini adalah efek yang biasa disarasakan secara umum. 

Bukan Efek Samping yang Mutlak
Namun efek samping ini tidak bersifat mutlak atau dengan kata lain tidak semua orang mengalami efek yang sama. Perbedaan reaksi yang dialami umumnya dikarenakan adanya perbedaan tipe vaksin serta tingkat imunitas tubuh yang dimiliki oleh setiap orang. hal tersebut dikatakan langsung oleh Ahmad Utomo selaku ahli biologi molekuler.

Selain itu, efek samping yang dialami oleh penerima vaksin Covid-19 adalah hal yang wajar. Munculnya efek samping pada tubuh merupakan bentuk penyesuaian tubuh untuk melakukan pertahan dari serangan virus yang dibantu oleh vaksin. Kemungkinan efek samping tersebut muncul sebagai bentuk penyesuaian tubuh terhadap vaksin yang baru diinjeksi.

Demikianlah ulasan dari Toko SehatQ mengenai efek samping vaksin Covid 19. Efek samping adalah hal yang umum, sehingga tidak perlu khawatir ataupun takut terhadap hal tersebut. Karena sejatinya vaksin ini hadir untuk membantu masyarakat agar terhindar dari paparan Covid-19. Semoga ulasan kali ini dapat memberikan wawasan serta manfaat untuk Anda. Jangan lupa cek terus update info kesehatan di SehatQ.